16 Cara Cerdas Menghemat Kuota Internet di Android

Sekarang ini, kebutuhan akan internet bagaikan sebuah kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Sehingga banyak orang yang mengkses internet setiap hari, tidak bisa lepas hari-harinya dari internet.

Hanya saja, seringkali kuota data internet habis sebelumnya yang membuat otak berpikir keras agar besok tetap bisa internetan, yang tentunya harus menyiapkan budget untuk memberi paket internet baru.

Tentunya Anda tidak ingin kouta internet habis sebelum waktunya. Oleh karena itu Anda bisa mengusahakan untuk menghemat kuota data internet.

Langsung saja, berikut di bawah ini cara menghemat kuota internet Android:

1. Setting Limit Penggunaan Data
Metode ini perlu diterapkan pada ponsel Android Anda agar mencegah terjadinya penggunaan kuota internet yang berlebihan dalam satu waktu. Ketika lengah akibat terlalu banyak mendownload atau menonton video menyebabkan kuota paket internet Anda menjadi jebol.

Agar bisa membatasi penggunaan kuota data internet dalam setiap harinya, maka perlu dilakukan kontrol pada kuota internet Anda. Cara melakukannya, masuk ke menu Settings, lalu pilih Lainnya.

Kemudian tap pada menu Penggunaan Data (Data Usage), lalu disana tinggal Anda atur tentang batasan penggunaan data internet (atur secara bebas, sesuai kebutuhan Anda).

2. Menghemat Kuota Internet Saat Menonton Video YouTube atau Lainnya
Orang-oramg sudah terbiasa yang namanya menonton video di YouTube atau situs streaming lainnya yang berisi video, yang tentunya menonton video akan memakan banyak kuota internet. Terlalu sering melakukan streaming video membuat dompet menjadi jebol.

Terdapat trik yang bisa dilakukan agar menonton video tidak terlalu menguras kuota Internet Anda. Menutunkan kualitas video yang ditonton akan dapat mencegah kuota internet cepat habis.

Ketika Anda menonton video dengan memakai alat ponsel atau tablet, tentunya layarnya tak begitu besar, sehingga dalam kondisi seperti ini Anda tidak perlu video yang beresolusi tinggi.

Pada beberapa tempat video streaming memberikan pilihan agar bisa mengganti kualitas video, sehingga membuat Anda dapat menghemat kuota internet saat menonton video.

Contohnya pada situs YouTube, untuk menurunkan kualitas video yaitu dengan menekan menu yang berbentuk titik tiga, lalu pilih opsi Quality, untuk menurunkannya resolusi video.

Pada situs Nexflix, maka buka pada bagian profil, disana Anda bisa memilh satu diantara tiga pengaturan, yaitu: Low (0.3GB/hour), Medium (0.7GB/hour) atau High (up to 3GB/hour).

Hal lainnya yang perlu Anda lakukan yaitu menyimpan video yang sering Anda tonton. Apabila Anda sering memutar sebuah video yang sama berulang-ulang, maka disarankan untuk menyimpan video tersebut dalam mode offline.

Cara ini bisa Anda lakukan di layanan situs YouTube maupun Neflix. Dengan melakukan ini maka akan sangat berguna agar kuota Internet bisa lebih hemat.

Jika Anda memutar pada video yang telah Anda simpan sebelumnya, maka tidak akan memakan kuota Internet Anda, walaupun ditonton berulang-ulang.

3. Matikan Fitur Sinkronisasi Yang Tidak Diinginkan
Ini pilihan Anda, dimana agar bisa menghemat kuota maka triknya yaitu menonaktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan hal-hal yang tidak Anda gunakan secara rutin.

Cara menyettingnya, yaitu pertama-tama pergi ke menu Settings => Accounts => lalu pilih akun yang tidak ingin disinkronisasikan. Jika fitur sinkronisasi tidak diperlukan maka lebih baik dimatikan saja.

Dengan melakukan hal ini, maka membantu untuk menghemat kuota internet Anda, dimana aplikasi tersebut tidak diizinkan secara otomatis tersambung ke internet yang akan memakan kuota internet.

4. Streming Video Memakan Banyak Kuota, Usahakan Menonton Video Saat Terkoneksi WiFi Saja
Ini sebuah trik yang sangat bagus agar bisa menghemat kuota internet Android Anda. Intinya adalah usahakan untuk tidak memakai kuota internet smartphone untuk aktivitas yang menyedot kuota besar, contohnya yaitu membuka situs Youtube dan semacamnya.

Agar bisa terhubung dengan koneksi Wifi untuk menonton video di youtube dan lainnya, maka ada aplikasi yang bisa berfungsi untuk melacak ketersediaan koneksi wifi terdekat. Beberapa aplikasi tersebut adalah Wi-Fi Finder dan Wifi Analyzer.

5. Sebagai Alternatif, Gunakan Aplikasi Penghemat Data
Metode dalam memakai Internet di smartphone, baik secara langsung ataupun tethering, maka para pengguna dapat meminimalisir penyedotan data kuota internet, sehingga membuat paket internet menjadi sangat awet.

Anda bisa memanfaatkan fungsi dari aplikasi seperti Opera Max salah satunya, yang berfungsi untuk meminimalisir kuota internet tersedot terlalu banyak selama menonton video.

Fungsi lainnya yaitu dapat menghemat data internet dalam mendownload gambar dan membuka situs web. Demikian juga ketika Anda “berkelana” di situs favorit seperti YouTube dan lainnya, maka Opera Max mampu untuk menghemat data internet sebesar 60 persen. Kemampuan Opera Max ini berdasarkan review dari situs Cnet.

Nantinya Anda akan memperoleh laporan dari kuota data internet yang berhasil dihemat oleh aplikasi ini. Kerja aplikasi ini yaitu dengan menerapkan algoritma untuk mengkompresi data yang tidak terenkripsi, seperti teks, gambar dan video, yang menjadikan bandwidth bisa lebih dihemat.

Link download Aplikasi Opera Max di Google Play Store
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.opera.max.global&hl=in

Selain aplikasi Opera Max, masih banyak aplikasi lainnya yang berfungsi sebagai penghemat kuota internet untuk smartphone Android, yaitu:

— Aplikasi My Data Manager —
Aplikasi ini berfungsi untuk melacak berapa banyak data yang telah dipakai, dengan begitu Anda dapat dengan mudah memonitor penggunaan kuota internet secara bijaksana.

Fitur lainnya dari aplikasi My Data Manager, memungkinkan Anda agar bisa memperoleh informasi tentang bagian atau aplikasi mana saja yang paling banyak menyedot kuota internet Anda. Selain itu Anda juga bisa memantau pemakaian data yang menggunakan koneksi Wi-Fi.

Link download Aplikasi My Data Manager di Google Play Store
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mobidia.android.mdm&hl=in

— Aplikasi Onavo Extend —
Ini merupakan aplikasi milik Facebook yang bisa membantu Anda dalam menghemat kuota. Aplikasi ini memiliki kemampuan yang baik dalam mengompresi penggunaan data.

Dengannya, Anda bisa mengetahui seberapa banyak kuota yang sudah digunakan. Hanya saja, satu-satunya kekurangan aplikasi Onavo Extend yaitu tidak memiliki fungsi untuk mengompresi video, yang membuatnya tidak bisa mengontrol penggunaan data dalam melakukan streaming video.

Link download Aplikasi Onavo Extend di Google Play Store
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.onavo.android.onavoics&hl=in

— Aplikasi CM Data Manager —
Aplikasi ini juga dapat diandalkan untuk membantu Anda agar bisa menghemat kuota internet. Dengan menggunakan aplikasi CM Data Manager, disana terdapat fungsi untuk memonitor penggunaan data dan juga memonitor kecepatan jaringan internet.

Aplikasi CM Data Manager juga memiliki fitur agar Anda bisa mengetahui penggunaan data dari setiap aplikasi yang terinstall di Ponsel Pintar Anda.

Fitur lainnya, yaitu menghemat kuota dengan cara melakukan blokir pada aplikasi yang dirasa menyedot sangat banyak kuota internet. Dengan aplikasi ini maka Anda bisa memonitor penggunaan data secara efisien, yang memudahkan agar bisa menghemat kuota.

Link download Aplikasi CM Data Manager di Google Play Store
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cmcm.flowmonitor&hl=in

Aartikel Asli: http://downloadsoft-gratis.blogspot.com/2017/05/cara-menghemat-kuota-internet-android.html
Be Sociable, Share!
(Visited 8 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*