4 Menu Khas Nusantara untuk Sajian Makanan Idul Adha

Di Indonesia, hari besar keagamaan Idul Adha memiliki tradisi perayaannya tersendiri. Biasanya salah satu hewan yang sering dikurbankan adalah kambing. Daging kambing menjadi favorit sebagai bahan dasar, untuk disajikan dalam berbagai hidangan. Menu kuliner daging kambing menjadi favorit makanan nusantara, sebagai menu wajib saat hari raya idul Adha. Masing-masing daerah mempunyai ciri khas, dalam membuat menu hidangan berbahan daging kambing. Selain menu favorit Idul Adha seperti sate kambing, tongseng kambing, makanan-makan berikut juga tidak kalah sedap dan nikmat. Tentunya dengan ciri dan citra rasa lokal.

Lebih lanjut lagi mengenai menu nusantara berbahan dasar daging kambing untuk sajian makanan Idul Adha, kita simak dulu yang berikut ini.

Gulai Kambing Khas Aceh

Di Aceh, daging kambing yang bercampur tulang dimasak dengan rempah yang berlimpah. Bumbu kuahnya sangat gurih, cocok disantap dengan nasi, ketupat dan roti canai.

Cincang Kambing Khas Sumatera Barat

Lalu Sumatera Barat juga mempunyai ciri khas makanan nusantara dalam menjadikan daging kambing sebagai bahan dasar untuk menu Idul Adha. Makanan yang terkenalnya adalah daging cincang kambing, tentunya dengan bumbu dan rempah khas lokal yang sedap. Dengan memperbanyak cabai, menjadi citra rasa pedas khas Sumatera Barat.

Rabeg Khas Banten

Jika dua makanan nusantara sebelumnya berbahan dasar daging kambing. Kali ini Banten mempunyai makanan olahan daging kambing yang berbeda. Makanan Nusantara ini memanfaatkan isi perut kambing sebagai bahan utama, seperti jeroan, babat, hati, usus dan lainnya. Untuk memasaknya sedikit lebih sulit, jika Anda tak memiliki kemampuan khusus daging bisa berbau kurang sedap saat dihindangkan.

Kambing Bakar Khas Gorontalo

Di daerah Sulawesi tepatnya di Gorontalo, masyarakatnya mempunyai ciri khas untuk membuat makanan Idul Adha. Kali ini kambing bakar balangga yang proses pembakarannya menggunakan balangga, yakni wadah yang terbuat dari tanah liat atau besi. Masyarakat Gorontalo menyantap daging bakar balangga ini bersama nasi kebuli.

Makanan nusantara ini menjadi menu favorit di berbagai daerah pada saat Idul Adha. Tentunya mengonsumsi terlalu banyak daging kambing bisa berisiko bagi kesehatan. Lindungi kesehatan Anda dengan asuransi kesehatan onlineterbaik hanya di Futuready. Mudah, praktis, sesuai, dan aman.

sumber: https://www.futuready.com/artikel/family/4-menu-khas-nusantara-untuk-sajian-makanan-idul-adha/
Be Sociable, Share!
(Visited 7 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*